MADURA, LAPAKBERITA. ID – Demi kenyamanan masyarakat PLN terus berupaya penanganan gangguan listrik yang terjadi di Pulau Madura. PLN mengerahkan ratusan personel yang bekerja 24 jam untuk mempercepat pemulihan tersebut.
PLN juga sudah menemukan titik gangguan pada Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) kabel tanah di titik sambung _Joint Pit_ (JP) 17 sisi Bangkalan dan JP 5 sisi Surabaya. Untuk langkah percepatan, akan dilakukan penggantian kabel baru dan penyambungan ulang di kedua titik sambungan tersebut.
“Personel saat ini tengah melakukan penggelaran kabel, pemotongan dan dilanjutkan proses penyambungan _(jointing)_ pada 2 sisi. Gangguan yang ditemukan di 2 titik ini akan dikerjakan secara paralel untuk proses _recovery_ nya. Kami upayakan lebih cepat dari estimasi,” terang Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pamekasan, Feri Asmoro.Kamis (9/2/23).
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, memberikan dukungan penuh terhadap proses pemulihan gangguan SKTT 150 KV Ujung-Bangkalan. Dirinya juga meminta masyarakat untuk tetap tenang dan bersabar.
“Kami terus mendukung kinerja PLN atas gangguan kelistrikan yang terjadi di Suramadu. Kami yakin dan percaya, PLN mampu menyelesaikan secepatnya, sehingga kelistrikan di Pulau Madura, khususnya Sumenep dan sekitarnya dapat pulih kembali, sehingga masyarakat dapat menikmati listrik seperti biasanya,” terang Achmad Fauzi.
Hingga saat ini, PLN juga mengoperasikan 96 genset di lokasi pelayanan umum seperti rumah sakit, kepolisian, pondok pesantren dan lainnya. PLN pun terus melakukan kunjungan ke stakeholder memberikan penjelasan sekaligus melakukan pembagian lampu _emergency._ Ini adalah upaya PLN tetap menjaga terang selama masa pemulihan.
Wakil Kepala Puskesmas Jeddih, Masrufah memberikan dukungan atas peran PLN yang tetap mengupayakan agar pelayanan masyarakat di Madura tetap berjalan lancar.
“Genset _mobile_ sangat dibutuhkan saat kondisi seperti ini. _Alhamdulillah_ kami ucapkan terima kasih kepada PLN yang telah mendukung kami dengan mengoperasikan genset _mobile,_ sehingga pelayanan tetap terlaksana dengan baik. Semoga kerja keras PLN akan memberikan hasil terbaik,” ujarnya.
Lebih lanjut, Feri kembali mengingatkan, bila melihat potensi gangguan listrik, masyarakat dapat melaporkan langsung kepada PLN melalui fitur Pengaduan di aplikasi PLN Mobile.
(Yas)